Lokasi Tambang Emas di Pacitan


Lokasi Tambang Emas di PacitanLokasi Tambang Emas di Pacitan – Pacitan, adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi jawa timur, geografi wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Pacitan dikenal sebagai “Kota 1001 Goa” karena di pacitan banyak sekali terdapat goa-goa yang indah. Selain itu pacitan menjadi komoditi pertanian yang besar yaitu penghasil padi, kelapa, dan ubi kayu / singkong, tidak lupa jika Pacitan menempati urutan kedua daerah penghasil cengkeh terbesar di Jawa Timur. Untuk luas perkebunan Cengkeh sendiri sekitar 7.780 Ha yang tersebar di 12 kecamatan.

Dengan kekayaan alam yang berlimpah tersebut tanpa disadari pacitan juga menyediakan sumber daya alam dalam bidang pertambangan. Hingga saat ini ada setitar 33 jenis mineral pertambangan, seperti tambang Batu bara, Tembaga, Timah Hitam, dan emas.

 

Lokasi Tambang Emas di Pacitan

Dalam bidang pertambangan emas, pacitan memiliki potensi yang sangat besar, buktinya ada beberapa lokasi tambang emas di pacitan yang terkenal akan hasil yang terlah di peroleh, lokasi-lokasi tersebut antara lain adalah:

1. Desa Pagerejo Kecamatan Ngadirojo

Lokasi tambang emas yang pertama terletak di Desa Pagerejo Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Sebagian besar utama masyarakat Desa  Pagerejo bekerja sebagai Petani. Desa ini memiliki kekayaan alam yang sangat besar, salah satunya berupa tambang emas peninggalan Belanda dan Jepang, dahulu penjajah asing menambang emas pada desa ini tidak terlalu lama namun menghasilkan emas yang lumayan besar. Lokasi tambang emas ini berada pada dukuh karang & dukuh sedayu.

 

2. Desa Kebonsari Kecamatan Punung

Lokasi tambang emas di pacitan kedua berada pada Desa Kebonsari Kecamatan Punung, Pacitan. Selain pertanian, terbukti bahwa kandungan mineral logam di desa ini sangat besar. Lokasi tepatnya berada di wilayah punung bagian Utara. Untuk penambangan emas masih dilakukan oleh warga secara tradisional, dan ada satu perusahaan pertambangan yang juga mengolah emas pada lokasi yang berdekatan, yaitu PT. Indonesia Bentonite. Namun banyak warga yang keberatan dengan adanya Perusahaan tersebut, kabarnya PT itu membuang limbah tambang secara sembarang sehingga mencemari sungai yang ada di Desa Kebonsari.

 

3. Lokasi Lain yang Berpotensi Mengandung Emas

Lokasi yang dipercaya mengandung emas yaitu Tegalombo, Arjosari, Pringkuku, Nawangan, Tulakan, Bandar (Gn. Gembes). Lokasi ini masih perlu diteliti lebih lanjut, namun menurut survey kandungan emas yang terdapat di Kabupaten Pacitan ini sangat besar, namun perlu dilakukan survey mandalam guna mendapatkan informasi yang tepat tentang logam emas di wilayah ini.

 

Itulah beberapa lokasi tambang emas di pacitan, dengan adanya lokasi tersebut bisa memudahkan anda untuk mengetahui lokasi yang tepat. Sekian artikel hari ini dapat saya tulis, sampai jumpa pada pembahasan lainnya, lebih dan kurang saya ucapkan terima kasih.


Leave a Reply