Tambang emas Bombana Sulawesi Tenggara


Tambang emas Bombana Sulawesi Tenggara

 

Tambang Emas Sulawesi Tenggara – Sulawesi Tenggara memang kaya akan sumber daya alam, bukan hanya kaya akan nikel tetapi juga sulawesi tenggara memiliki tambang emas besar di wilayahnya.

 

Penambangan emas Sulawesi Tenggara ini masih dilakukan dengan penambangan manual. Salah satu tambang emas Sulawesi Tenggara adalah di daerah Bombana.  Jika anda berada di sekitar tambang emas Bombana, anda akan melihat banyak kubangan-kubangan besar yang tergenangi oleh air.

 

Jalan disekitar tambang pasir Bombana ini dipenuhi pecahan batu dan krikil-krikil tajam. Belum lagi tenda-tenda yang berjajar yang belum tentu ada pemiliknya. Sebagian masih bertahan untuk mendulang emas, sebagian lagi telah meninggalkan tenda.

 

Aktivitas menambang dimulai dipagi hari, saat matahari terbit, para penambang memulai aktivitasnya dengan menyalakan mesin tambang yang berbentuk tabung. Ketika mesin dinyalakan, tabung akan memutar dan menggiling pasir dan batu yang ada didalamnya.

 

Di tambang emas Bombana Sulawesi Tenggara Batu, pasir dan tanah yang menjadi satu dalam satu tabung di hancurkan hingga menjadi lumpur selama 5 jam. Pemerintah telah melarang kegiatan menambang ilegal yang sejak awal kemunculannya pada tahun 2008. Perintah melarang dibukanya tambang emas Sulawesi Tenggara karena tambang ini tidak melalui prosedur yang aman untuk dilakukan proses penambangan.

 

Tambang emas sulawesi tenggara ini selain dilakukan dengan proses yang tidak aman, tentunya juga karena kerusakan lingkungan yang terus menerus terjadi akibat proses penambangan yang dilakukan.

 

Selain proses yang tidak aman dan kerusakan lingkungan yang terjadi,  tambang emas sulawesi tenggara juga tidak memiliki ijin yang resmi dari pemerintah. Sejumlah tambang telah dicabut proses penambangannya. Hal tersebut juga terkait dengan pembayaran royalti yang tidak kunjung dilunasi.

 

Tambang emas Sulawesi Tenggara memang memiliki prospek yang cukup baik bagi perekonomian. Tetapi alangkah baiknya jika penambangannya dapat disikapi dengan baik. Faktor kerusakan lingkungan juga harus diperhatikan karena ini menyangkut kelangsungan makhluk hidup yang lain di kemudian hari. Menjaga kelangsungan alam adalah kewajiban semua makhluk hidup.


Leave a Reply