Mesin Tromol

Ada beberapa Sistem pengolahan emas, salah satunya adalah dengan sistem gelundong dangan memanfaatkan mesin tromol. Cara pengolahan sistem ini sangatlah sederhana, fungsinga sebagai penghancur/penggiling bebatuan yang sekaligus dapat menangkap emas. Media yang digunakan dalam membuat mesin ini adalah derum kekil yang dimodifikasi dengan teknik tertentu, anda juga bisa membuat mesin ini tetapi dalam proses pembuatannya […]

Ada beberapa Sistem pengolahan emas, salah satunya adalah dengan sistem gelundong dangan memanfaatkan mesin tromol. Cara pengolahan sistem ini sangatlah sederhana, fungsinga sebagai penghancur/penggiling bebatuan yang sekaligus dapat menangkap emas. Media yang digunakan dalam membuat mesin ini adalah derum kekil yang dimodifikasi dengan teknik tertentu, anda juga bisa membuat mesin ini tetapi dalam proses pembuatannya relatif sulit untuk dilakukan. Jika anda tidak mengerti cara kerjanya maka pembuatan mesin ini akan sia-sia, jika digunakan besar kemungkinan dalam proses penggilingan hasil yang didapat tidak akan maksimal atau mungkin malah tidak akan akan menghasilkan apapun.

Jika anda tidak menginginkan resiko ini sebaiknya anda membeli mesin ini pada distributor yang menyediakannya, anda dapat memilih menggunakan mesin buatan lokal maupun import dengan penawaran harga yang juga relatif lebih terjangkau. Dengan demikian anda bisa melakukan proses pengolahan/penggilingan bebatuan tanpa repot membuat alatnya terlebih dahulu dan penggunaannya pun juga cukup memuaskan sesuai dengan harapan anda.

Spesifikasi mesin tromol yang biasanya banyak digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Diameter tabung baja 40 s/d 50 cm
  2. Tebal baja tabung 8 s/d 10mm
  3. Panjang tabung 70 s/d 80 cm
  4. Memiliki lubang atas berukuran 15 x 20 cm yang ditutup dengan baja serta baut
  5. Terdapat 1 lubang sebesat mur baut dibagian bawah tabung.

Untuk kebanyakan yang menggunakan mesin tromol ini adalah masyarakat penambang kecil, karena sangat desainnya sangat sederhana dan tidak menggunakan teknologi tinggi, dalam segi pembuatannya juga tidak banyak memerlukan biaya yang besar. Dalam penggunaanya juga tidak terlepas dengan bahan kimia merkuri/air raksa, karena dalam prosesnya merkuri digunakan sabagai sebagai pengikat ion-ion logam emas, merkuri dipilih karena sifatnya yang berat dibandingkan dengan lumpur yang dapat hanyut dalam proses pemisahan.

Penggunaan mesin tromol relatif mudah, karena hanya melalui beberapa tahap saja dan hanya memerlukan waktu yang sebentar saja dibandingkan dengan proses pengolahan emas sistem sianidasi dan siraman, karena dalam proses sianidasi prosesnya memerlukan waktu yang tidak sedikit dan membutuhkan modal yang besa. Pengolahan emas sistem tromol ini mungkin dapat menjadi pilihan Anda yang tepat untuk dicoba. Cukup sekian dan terima kasih telah mambaca tulisan ini.

tromol